BERSAMA ANAK-ANAK CACAT

BERSAMA ANAK-ANAK CACAT
PANTI ASUHAN BINA REMAJA BANTARJO DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Sabtu, 16 Januari 2010

INFO BISNIS

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

11 Poin yang harus diperhatikan dalam berbisnis secara ISLAMI

Islam memiliki moral dan etika tersendiri dalam berbisnis untuk mencapai kepuasan pelanggan.

1. Bisnis hendaknya dijalankan dengan penuh minat dan kesungguhan. Rosulullah SAW sendiri adalah seorang pebisnis yang cakap dan memiliki pengorbanan maliyah untuk negaranya yang sangat besar.
2. Jalankan bisnis dengan jujur dan bijaksana untuk mendapatkan keuntungan ,serta menghindari ketergantungan kita pada pihak lain.
3. Promosikan bisnis anda dengan jujur dan janganlah bersumpah atas nama Allah, jauhi bersumpah bohong untuk melariskan dagangannya, sebab kelihatannya melariskan dagangannya tetapi sesungguhnya hanya menghancurkan dan memusnahkan nama baik bisnisnya.
4. Berikan prodduk terbaik yang dibutuhkan pelanggan dan berikan nasihat secara jujur kalau diminta.
5. Dapatkan kepercayaan pelanggan supaya urusan bisnis dapat memuaskan pelanggan dan berkelanjutan dengan berlaku sopan dan ramah. Semoga Allah memberkati orang yang sopan dan berbudi pekerti di dalam perniagaanya.
6. Tepati waktu agar tidak merugi.
7. Jangan menyembunyikan kecacatan barang apalagi menipu pelanggan.
8. Jangan menimbun barang-barang untuk menaikkan harga. Betapa jahatnya orang yang menimbun barang.
9. Berikan balasan yang adil kepada bayaran pelanggan. Berlakulah jujur dalam takaran dan timbangan. Qs Al Muthofifin 1-6 :” Kecelakaan besarlah bagi orang2 yang curang, Yaitu orang2 yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi, Dan apabila menakar untuk orang lain, mereka mengurangi. Tidakkah orang2 yakin bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan, Pada suatu hari yang besar, Yaitu hari ketika manusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam.”
10. Berilah ganti rugi atas tuntutan yang adil, wahai para pedagang. terdapat banyak peluang untuk penipuan dalam menjual barang, karena itu bayarlah ganti rugi sebanyak mungkin.
11. Janganlah terjebak dalam perniagaan / bisnis yang menimbulkan penyiksaan di dunia dan akhirat.

1 komentar:

  1. YouTube - Vimeo - Vimeo - Videoodl
    Videos for vimeo video clips. Videos from the world's best museums. Browse Vimeo's collection of Vimeo's vimeo masterpieces, feature videos, youtube mp4

    BalasHapus